UPDATE SIPDA 2013
avatar

Salam Planners

Pada kesempatan kali ini, Mr. Planner  kembali menyapa Sobat Planner  semua untuk sekedar sharing informasi. Kali ini dengan gaya bahasa yang agak ringan tapi tetap  berisi, biar Sobat Planner semua nggak bosan dan juga untuk mereduksi kesan monoton.

Info yang akan di sharing ke Sobat Planner yakni terkait  Pengembangan Sistem Informasi Perencana Daerah (SIPDA) Kabupaten Rejang Lebong pada Tahun Anggaran 2013 ini. Mr. Planner menggunakan istilah “Update SIPDA 2013” sebagai tajuk tulisan ini tentu ada alasannya. Mungkin Sobat Planner akan bertanya-tanya, “Apa yang beda antara versi yang lama dengan yang baru”  “Apakah lebih baik….???” “Apakah tetap  mengedepankan kemudahan dalam penggunaannya atau User Friendly”dan mungkin masih banyak pertanyaan lain dari Sobat Planner semua.  Sabar…Sob, pada tulisan kali ini Mr. Planner akan mencoba membocorkan sedikit keunggulan versi Update atau Pengembangan SIPDA 2013.

Ada tiga keunggulan SIPDA versi 2013 yaitu :

A.  Pengembangan SIPDA

    Pada versi terbaru telah dilakukan perbaikan  yang signifikan terhadap hirarki data dan sistem manajemen data infomasi perencanaan serta memperbaiki beberapa menu dan tampilan tabel data sehingga lebih Powerfull. Pada pengembangan sistem perencanaan daerah versi terbaru sudah dilengkapi dengan 3 dokumen yaitu : RKPD, KUA-PPAS dan KUA-PPAS Perubahan serta penyempurnaan pada Menu Eksekutif yang meliputi pengaturan kode akses dan lain-lain.

Selain itu juga disediakan Modul Tutorial SIPDA yang bisa di download pada aplikasi dan tetap dengan support online 24 jam  (Every Where..Every Time…Every Tools). Every Where : SIPDA dapat diakses dimana saja (di Rumah, di Jalan, di Kantor, di Hotel  dll.) Every Time : SIPDA dapat diakses kapan saja 24 Jam (Pagi, Siang, Malam).  Every Tools : SIPDA dapat diakses dengan menggunakan alat apa saja (Laptop, Netbook, Komputer Dekstop, PC Tablet, SmartPhone dll.) dengan syarat ada koneksi Internetnya Frend (bisa yang gratisan lewat Wifi di SKPD atau  berbayar lewat Kartu Sellular + Modem dan Internet Cable dari Telkom dengan Speedy-nya).

B.  Aplikasi  MONEV (Monetoring dan Evaluasi)

Aplikasi Monev APBD adalah sebuah aplikasi yang menyediakan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, yang berisi tentang informasi-informasi dan rancangan program-program masing-masing bidang instansi kepemerintahan daerah .

Keunggulan Aplikasi MONEV  yaitu :

  • Mengukur tingkat keberhasilan pelaksanaan program/kegiatan;
  • Mengetahui sejauh mana pencapaian target yang sudah ditetapkan;
  • Mengetahui penyimpangan pelaksanaan program/kegiatan;

Tentu saja pada aplikasi ini telah disediakan berbagai macam format laporan seperti : 1). Laporan Keuangan (bulanan, Triwulan dan Akhir Tahun); 2). Laporan Realisasi Pengadaan Barang dan Jasa dan 3). Laporan Iktisar Capaian Kinerja Pemerintah (LAKIP).

Selain itu Aplikasi MONEV juga mampu menampilkan data laporan per SKPD dan Semua SKPD, baik berupa tabel maupun grafik statistik  Target dan Realisasi per SKPD atau semua SKPD sehingga sangat berguna untuk mengontrol dan memantau pelaksanaan program/kegiatan yang dilaksanakan pada tahun anggaran berjalan.

C.  Sistem Informasi Profil Daerah (SIPD)

Aplikasi ini dibuat untuk menjalankan salah satu tugas Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong untuk menyediakan data dan informasi yang valid terkait kondisi kewilayahan dan ter-Up to date sehingga secara umum dan khusus kondisi wilayah dapat teramati dengan baik. Bagi pemerintah Propinsi, Pusat dan Stakeholder/investor/Legeslatif dapat dengan mudah melihat dan mengamati peluang-peluang usaha dan  bantuan-bantuan yang dapat diberikan baik permodalan maupun infrastruktur yang masih sangat dibutuhkan oleh pemerintah daerah. Pada aplikasi ini juga akan terintegrasi dengan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) sebagai salah satu aplikasi yang menggambarkan potensi komoditi unggulan di Kabupaten Rejang Lebong.

Nah Sobat Planner, sekian dulu sharing informasi terkait UPDATE SIPDA 2013. Terpatri Harapan Membumbung bahwa Aplikasi SIPDA  2013 ini dapat termanfaatkan dengan seoptimal mungkin demi percepatan kemajuan Rejang Lebong tercinta. Salam Planner.

Komentar Facebooker

Komentar


Comments

UPDATE SIPDA 2013 — & Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>